Contoh Proposal

PENDAHULUAN

Saya pernah baca sebuah Blogs milik seorang warga Malaysia. Ia Menceritakan bagaimana Sheila on 7 Samson, Raja, Peterpen, Krisdayanti dan masih banyak lagi penyanyi dan grup Band asal Indonesia yang berjaya disana dan di puja-puja masyarakat sana Sheila on 7 di pertengahan tahun 90-an telah mencetak rekor tersendiri dengan menjual 200.000 lebih keping album di Malaysia. Sebuah angka fantastik untuk ukuran sana, konon Siti Nurhalisa-pun belum mampu mencapai rekor ini.

Perkembangan musik Indonesia memang sangat dinamis terutama di akhir tahun 90-an. Kesuksesan Sheila on7 sebagai group band yang berasal dari indilabel membuka mata para produser, bahwa para penyanyi Indie ini gak bisa di anggap sebelah mata. sebelum itu para produser musik selalu mencari posisi aman dengan hanya bermain-main di wilayah musik pop dengan penyanyi yang itu-itu juga (ini seperti nasib perfilman kita saat ini, yang selalu mencari wilayah aman dengan rame2 meniru tema film yang sudah laris duluan, secara gak sadar mereka sebenarnya sedang menggali kuburan buat mereka sendiri!)

Kembali ke Musik.Perkembangan musik indonesia terbagi dalam beherapa periode.era sebelum 70-an. era 70-an,era 80-an, era,90-an dan era-2000.

Kini, dipelosok-pelosok Desa pun perkembangan musik cukup pesat. Melihat peluang ini, saya berpikir bahwa ini akan menjadi satu peluang usaha yang besar. Maka dari itu saya berpikir untuk mendirikan sebuah tempat rental alat-alat band yang dipakai untuk latihan (use for training).

Garut, 7 Juni 2008

Samsul Ramdani A.

BAB I GAMBARAN UMUM USAHA

A. Riwayat Usaha

Usaha yang saya buat ini bergerak di bidang jasa, berupa jasa rental alat-alat band. Usaha ini diberi nama AUTO_MUSIC STUDIO. Usaha ini bisa dibilang usaha yang baru di daerah kami karena saya lah yang pertama membuatnya di daerah Cilawu ini. Dengan semangat yang membara, saya sangat berharap usaha ini akan berjalan dengan lancar dan disertai dengan animo masyarakat yang besar.

B. Visi Usaha

Kami selalu berkomitmen untuk selalu berkiprah di dunia musik dengan mengoptimalkan potensi yang ada, khususnya dikalangan remaja serta mengangkat nama besar band indie label khususnya di dearah Garut ini.

C. Misi Usaha

  1. Mengembangkan dan melakukan usaha melalui sebuah metode yang berkualitas yang didasari iman dan taqwa terhadap Tuhan YME
  2. Memberi pelatihan terhadap band indie yang menjadi member
  3. Selalu mengikuti perkembangan musik dalam ruang lingkup global

D. Tujuan Usaha

  1. Mengembangkan dan mengoptimalkan potensi dari Band Indie Garut agar selalu tetap eksis di dunia musik
  2. Selain untuk mendapatkan keuntugan pribadi berupa material, tapi juga saya ingin mendapat keuntungan berupa moral, karena musik telah menjadi bagian dari hidup saya.
  3. Menjaring Band Indie yang benar-benar siap untuk melaju di bidang musik da akan disalurkan ke beberapa dapur rekaman.

E. Jenis Produk yang diproduksi

Kami menyewakan peralatan band untuk dipakai latihan (use for training) dan memberikan pelatihan kepada band yang menjadi member.

BAB II ASPEK PRODUKSI

A. Lingkungan Usaha

Usaha ini didirikan di Jln. Genteng-Munjul Rt/Rw 10/01 Ds. Margalaksana Kec. Cilawu Kab. Garut.

B. Kondisi Pasar

Di daerah ini belum ada jenis usaha yag sama dengan usaha yang kami dirikan sehigga peluang pasar lebih besar apalagi di daerah ini banyak sekali Band indie dengan Kuantitas dan kemampuan daya beli yang tinggi.

C. Informasi Pesaing

Memang benar bahwa di daerah tempat berdirinya usaha ini belum terdapat pesaing. Tapi bila dilihat dalam ruang lingkup yang lebih luas lagi, dalam lingkup daerah Garut khususnya, dari hasil survey yang saya lakukan, terdapat kurang lebih 100-200 Studio Band dengan pelayanan dan kualitas yang berbeda-beda.

Dengan bermodal pengalaman, saya berani bersaing dengan para pengusaha yang yang lain karena melihat kondisi pasar, saya akan memberikan kualitas terbaik untuk studio saya ini tapi saya tidak aka memberika tarif yang tinggi untuk konsumen dikarenakan pertimbangan kondisi konsumen dan pasar.

D. Harga Jual

Saya mengenakan tarif untuk rental band ini dihitung per jam yaitu:

1 jam

Rp. 20.000,-

½ jam

Rp. 15.000,-

Paket 2 jam

Rp. 35.000,-

Paket 4 Jam

Rp. 65.000,-

Note :

1. Sewa stick drum : Rp. 2.500,-

2. Sewa Keyboard : Rp. 5.000,-/jam

3. Untuk Member, diberi potongan harga sebesar 20%. Biaya registrasi Rp. 20.000,- dan biaya perawatan dan pelatihan Rp. 50.000,-/bulan (2 kali pertemuan berupa pelatihan/les). Bagi band yang sudah menjadi member, akan diberi Member Card.

E. Promosi

Untuk promosi, kami akan menggunakan media famflet, iklan di radio, dan iklan di media cetak. Promosi melalui radio akan kami lakukan pada bulan ketiga.

Kami juga berencana untuk mengadakan festival musik dan disponsori langsung oleh Perusahaan kami. Hal ini kami lakukan sebagai media promosi secara langsung dan dapat dirasakan oleh konsumen. Dengan cara ini, diharapkan animo masyarakat akan lebih besar.

BAB III

A. Tempat Usaha

Saya menjadikan Garasi pribadi saya yang berukuran 5mx3m. Yang berada tepat disamping rumah saya (Jl. Genteng-Munjul Kp. Cimaung Rt/Rw 01/10 Ds. Margalaksana Kec. Cilawu Kab. Garut). Letaknya Strategis karena berada dipinggir jalan kabupaten dan mudah dijangkau dengan kendaraan maupun tidak.

B. Sarana dan Prasarana Produksi

Tempat rental band ini dilengkapi dengan AC, Sound System, Peredam Suara Dan Satu set peralatan Band lengkap dengan rincian sebagai berikut :

  1. Rhythm dan Melody Guitar Ibanez 2 buah
  2. Bass Guitar Yamaha
  3. Drum Set VP
  4. Cymbal set : Hihat 14 inch, Crash 16inch dan Ride 20 inch
  5. Keyboard Yamaha PSR 750
  6. Amply Lead Gitar Russel Rockr-80
  7. Amply Rhythm Heaven G-100
  8. Amply Keyboard RCH excellent Pro 500
  9. 3 Unit Efek Boss : Metalzone, Digital Delay, dan Equaliser.
  10. Microphone vocal, Kabel Canare Nomor 2, Jack mono dan Jack XLR
  11. Speaker Aktif dan mixer

C. Tenaga kerja

Saya hanya akan memakai 2 orang tenaga kerja untuk kasir dan 1 orang teknisi.

PETUGAS

URAIAN TUGAS

KETERAMPILAN YANG DIBUTUHKAN

JUMLAH PEKERJA YANG DIBUTUHKAN

Kasir

Bertanggung jawab pada bagian pembayaran.

Teliti, dan ramah terhadap konsumen

2 Orang

Teknisi

Membantu konsumen dalam proses setting Sound system

Memilki wawasan yang luas mengenai Sound system dan dapat mengatasi trouble shooting yang terjadi

1 Orang

Tapi untuk 4 bulan pertama, saya tidak aka menggunakan jasa pekerja dahulu. Saya akan menaganinya sendiri.

BAB IV ASPEK KEUANGAN

A. Biaya Persiapan

Hal-hal yang dibutuhkan dalam pendirian usaha ini adalah:

  • Peralatan band lengkap seperti yang telah tertera diatas
  • Renovasi Interior
  • Media promosi

Modal lain:

  • Uang tunai untuk membayar tagihan listrik
  • Uang tunai untuk kebutuhan tidak terduga

B. Biaya Investasi

Perkiraan-perkiraan mengenai kebutuhan-kebutuhan investasi :

1. Renovasi Interior Rp. 300.000,-

2. AC (air Conditioner) Rp. 1.500.000,-

3. Peralatan Band

  1. Rhythm dan Melody Guitar Ibanez 2 buah Rp. 1.400.000,-
  2. Bass Guitar Yamaha Rp. 1.100.000,-
  3. Drum Set VP Rp. 3.000.000,-
  4. Cymbal set Rp. 950.000,-
  5. Keyboard Yamaha PSR 750 Rp. 3.300.000,-
  6. Amply Lead Rp. 9.000.000,-
  7. 3 Unit Efek Boss Rp. 1.250.000,-
  8. Microphone vocal Rp. 100.000,-
  9. Kabel Canare Nomor 2 Rp. 50.000,-
  10. Jack mono dan Jack XLR Rp. 30.000,-
  11. Speaker Aktive Rp. 8.000.000,-
  12. Mixer Rp. 2.500.000,-

Jumlah Rp. 32.840.000,-

Harga diatas merupaka hasil survey lapangan dan melalui informasi yang ada di internet.

C. Sumber Dana

Saya menggunakan uang pribadi saya. Saya memiliki tabungan pribadi sebesar Rp. 50.000.000,-. Saya berpikir, tanpa menggunkan pinjaman, keuntungan yang didapat akan lebih besar karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar pinjaman.

D. Persaingan Harga

Secara fakta, tarif sewa alat band pada umumnya adalah sebesar Rp. 20.000,-/jam s/d Rp. 25.000,-/jam (wilayah Garut) tanpa termasuk sewa keyboard (dengan alasan tidak memiliki keyboard atau sewa keyboard terpisah). Dari hasil survei yang saya lakukan, ternyata kebanyakan studio band yang ada mengeluarkan tarif per jam tanpa memberi tarif paket (PAKET HEMAT). Jadi, tarif tersebut diakumulasi tiap jamnya. Selain daripada itu, tidak ada program member. Jadi stastus semua konsumen disamakan.

Melihat kondisi persaingan pasar seperti itu, maka saya berpikir ulang. Saya mengeakan tarif Rp. 20.000,-/jam. Lalu saya membuat program PAKET HEMAT dengan tarif Rp. 35.000/paket hemat 2 jam dan Rp. 65.000,-/paket hemat 4 jam. Selain itu, saya juga memberikan program member, untuk konsumen yang menjadi member, akan diberi potongan harga sebesar 20% dan akan diberi pelatihan.

Oleh karena itu, saya yakin dengan menerapkan harga seperti diatas, animo untuk usaha saya ini akan lebih besar daripada studio yang lain.

E. Proyeksi Pendapatan Yang Diperoleh

Perkiraan Pendapatan yang diperoleh selama 6 bulan tanpa pemotongan (kotor) adalah sebagai berikut :


MEI

JUNI

JULI

AGS

SEP

OKT

Jam penggunaan perbulan

240

240

300

300

330

330

Tarif per jam

20000

20000

20000

20000

20000

20000

Sewa Keyboard

5000

5000

5000

5000

5000

5000

Iuran member

2 x 50.000

2 x 50.000

5 x 50.000

5 x 50.000

10 x 50.000

10 x 50.000

Nilai penjualan bulanan (Rp 000)

6.100

6.100

7.750

7.750

8.750

8.750

F. Proyeksi Aliran Kas

Berikut adalah aliran kas selama 6 bulan :

(Satuan hitung Rp. 1.000)



APR

MEI

JUNI

JULI

AGS

SEP

OKT

Uang Masuk

Kas pad awal tahun

50.000

16.410

22.250

27.780

35.520

42.770

50.750

Uang sewa latihan


6.100

6.100

7.750

7.750

8.750

8.750

Registrasi member


40


60


100


Lain-lain









Jumlah uang masuk

50.000

22.550

28.350

35.590

43.070

51.620

59.500

U a n g K e l u a r

Upah karyawan






600

600

Promosi

200

200

500

200

200

200

200

Ijin usaha

500







Pembelian

32.540







Renovasi

300







Perawatan


20

20

20

20

20

20

Iuran listrik

50

50

50

50

50

50

50

Asuransi Sosial


30



30



Jumlah uang keluar

33.590

300

570

270

300

870

870

Kas di akhir bulan

16.410

22.250

27.780

35.320

42.770

50.750

58.630

Ini hanyalah proyeksi aliran kas dengan berbagai kemungkinan

G. Evaluasi Keuangan

Dari hasil proyeksi aliran kas diatas, ternyata Pengembalian Modal dapat dilakukan hanya dalam waktu 6 bulan. Bahkan bukan hanya modal yang kembali, saya juga akan mendapatkan kas yang lebih. Dan ini akan saya gunakan untuk memaksimalkan lagi usaha saya. Dan saya juga berniat menambah alat band dan membangun lagi studio baru.

BAB V KESIMPULAN

Dari awal mula saya memikirkan untuk usaha ini, saya sudah optimis bahwa usaha saya ini akan berhasil Karena saya sudah melihat semua kemungkinan yang ada. Dan ternyata terbukti dari perhitungan proyeksi aliran kas diatas, 75% usaha saya akan berhasil.

Tapi, saya tidak takabur. Semua ada pada kekuasaan Allah SWT. Saya akan terus berusaha dan berdoa untuk mendapat hasil yang maksimal. Hasil yang saya dapatkan nantinya adalah hasil terbesar yang telah saya lakukan karena saya juga menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Karena itu, saya berkesimpulan bahwa usaha yang akan saya dirikan ini layak untuk didirikan dan layak untuk diikuti lagi oleh khalayak banyak karena berpotensi dan menguntungkan.